Perancangan Sistem Informasi di Apotek

Yang kuliah informatika, paasti kenal dengan mata kuliah sistim informasi. mata kuliah ini membahas tentang menganalisa menganalisa suatu proyek yang berhubungan dengan teknik informatika. mata kuliah ini biasanya sering digunakan untuk para analis komputer. iyah seorang analis komputer harus mempelajari ilmu atau mata kuliah ini. disini saya akan menuliskan contoh analisis proyek yang akan saya buat dengan rekan saya dengan menggunakan teori dan teknik - teknik yang sudah dipelajari di perkuliahan dengan mata kuliah ini.

ini saya adalah seorang analis yang akan memperbaiki sistim informasi yang berlaku pada apotek di daerah sidoarjo agar lebih bagus dan lebih meningkatkan kinerja serta performa yang ada. 

SISTIM INFORMASI
Perancangan Sistem Informasi di Apotek


A.  Latar Belakang
Pada saat ini, perkembangan website sangat pesat, semua orang sekarang sudah memanfaatkan website dimana telah terlihat pemanfaatannya di berbagai bidang, baik digunakan untuk sumber informasi, penjualan online, bahkan sampai dengan jejaring sosial.
Selain itu, website juga dapat digunakan sebagai penjualan online. Pada toko apotek nasa farma yang terlokasi di daerah Sidoarjo. Tepatnya pada apotek farma.
Dengan adanya penjualan dan sistim informasi secara online, penjualan di apotek, akan mempermudah penjualan dan mempermudah manage atau mengatur sistim informasi pada apotek. Mulai dari penjualan, pemasukan data, stok barang. Sistim informasi online ini akan memudahkan dalam merekap data hasil penjualan, stok barang dll bisa dipantau atau dicek oleh admin atau manager pada tempat manapun. Sehingga mempermudah karyawan dan manager.
B.     Pernyataan Masalah
Penjualan offline pada apotek farma, tidak menjadikan kerja karyawan menjadi efektif serta juga pekerjaan karyawan juga menjadikan belum menjadi efektif. Dari sisi sistim managemen juga akan mempersulit manager untuk mengecek laporan – laporan sistim informasi secara manual. Manager tidak bisa mengecek kapan pun dan dimanapun hasil pelaporan kerja karyawan dan penjualan hanya dilakukan secara manual akan membuat pelanggan tidak mudah untuk membeli ataupun berlangganan pada apotek tersebut.
C.    Deskripsi Umum Sistem
Penjualan online dan pembelian online sekarang sudah marak pada masyarakat. Penjualan online dapat mempermudah masyrakat utuk membeli dan menjual produknya. Untuk itu kami memberikan system penjualan ini pada toko apotek nasa farma Sidoarjo untuk menjual obat – obat yang ada pada apotek ini. Tidak hanya dalam sistim penjualan kami juga akan membuat sistim informasi kesehatan agar konsumen juga dapat memperoleh informasi kesehatan dengan mudah sebagai wawasan kesehatan agar selalu berpola hidup sehat dan kami juga membuat tips – tips kesehatan dengan mendatangkan pakar kesehatan agar dapat berkomunikasi angsung dengan konsumen. Konsumen juga dapat mendaftarkan diri sebagai anggota atau member di apotek nasa farma agar dapat mengakses informasi kesehatan, melihat atu mengecek stok obat dan juga dapat langsung membeli obat secara online.

D.  Karakteristik Sistem       
Adapun karakteristik dari sistem ini adalah sebagai berikut.
1.      Komponen:
-          admin, member/konsumen , manager dan supplier
2.      Batasan:
-          Data stok Obat, data Pembelian Online, data member
3.      Lingkungan:
-          Apotek Nasa Farma Sidoarjo
4.        Interface :
-          Website
5.      Input:
-          Data member, data Karyawan
6.      Output:
-          Informasi Stok obat dan data pembelian
7.      Goal:
-          Member / Konsumen


E.    

Diagram Karakteristik Sistem



F.     Analisis Kebutuhan Sistem
a.    Kebutuhan Fungsional
Kebutuhan fungsional adalah segala sesuatu yang harus dilakukan oleh sebuah sistem informasi. Kebutuhan ini dapat berupa hal-hal yang bersifat kewajiban yang membuat sistem ini ada atau dibuat. Pada sistem di apotek ini mempunyai beberapa kebutuhan fungsional antara lain sebagai berikut :
ü Fitur Login/ Logout untuk Karyawan
Fitur ini dipergunakan Admin untuk masuk dan keluar pada halaman administrator. Pada halaman ini, admin admin dapat menambah member, mengedit dan juga menghapus data member. Admin juga bisa untuk melakukan cek barang, entri barang juga dapat mengatur data pada apotek.
ü Fitur Login/Logout untuk member/Konsumen
Pada fitur ini, member dapat mendaftar, mengedit, menghapus data diri member. Serta dapat mendapat informasi kesehatan setiap harinya.
ü Fitur stok barang
Pada halaman ini, untuk melihat stok obat atau barang yang tersedia pada apotek. Member dapat mengetahui stok barang yang ada dan admin dapat menampilkan stok barang yang ada dan kosong.
b.    Kebutuhan Non-fungsional
Pada dasarnya kebutuhan nonfungsional adalah peralatan atau kualitas yang harus dipenuhi oleh sebuah sistem. Kebutuhan ini dapat mengacu sebagai standar kualitas bagi sistem. Pada sistem apotek ini mempunyai beberapa kebutuhan nonfungsional antara lain sebagai berikut :
ü Tampilan Website
Untuk membangun tampilan website ini, diperlukan beberapa pemrograman yaitu CSS dan HTML serta software pengedit gambar adobe photoshop CS3.
ü Server/ Domain
Sementara ini hanya diaktifkan di localhost. Sesuai rencana apabila website sudah dibangun dengan sempurna akan digunakan di lingkungan apotek Nasa Farma. Dengan nama domain Nasa Farma apotek.com

c.    Analisis Entitas Eksternal
Entitas eksternal adalah entitas yang terletak di luar sistem namun masih mempunyai keterhubungan dengan sistem tersebut. Pada sistem apotek ini, entitas eksternalnya adalah sebagai berikut :
ü Karyawan
Admin yaitu yang memanage semua kegiatan pada apotek Nasa Farma. Admin dapat mengedit, menambah, serta menghapus data yang sudah ada. Menambah , megedit dan menghapus member yang sudah ada. Serta mengentri data stok obat.
ü Member/Konsumen Apotek
Member atau anggota dari Apotek akan Dapat Memesan Obat Secara Online. Dan mendapat informasi Stok obat.
ü Supplier
Supplier hanya bisa mengupdate dan memberi informasi stok obat yang tersedia pada pusat. Dan memasukkan data obat yang di supplay oleh supplier.

G.    ERD Sistim Informasi Apotel Nasa Farma
  1. ERD sederhana 
2. kardinalitas

3. Primary Key

1.4. ERD Sempurna (Atribut)

H. DFD Sistim Informasi Apotel Nasa Farma

DFD Level 0 

DFD Level 1 





DFD Level 2 Proses 1 (Pemesanan)


DFD Level 2 Proses 2 
(Menyuplay Obat)



DFD Level 2 Proses 3 ( Pengecekan Stok Obat)



DFD Level 2 Proses 4 (Pelaporan Sistem)


sebenernya itu sebagian sih. yang simple ajah. ada lagi yang lebih mendetail. tapi yang aku tulis ini, simple tetapi insya Allah bener lo. soalnya sudah di cek sama dosenku.lumayan ribet sih dikit yaaaah namanya analis. yah gini. sudah yah . read next post dari aku , semoga bermanfaat.

wassalam 

Comments

  1. post nya membantu tugas saya. membantu sekali. good job

    ReplyDelete
  2. Terimakasih.. tulisannya sangat bermanfaat...
    My blog

    ReplyDelete
  3. maaf bukannya meragukan tapi penasaran kayaknya levelnya keturun satu,
    semisal level 2 proses 1 harusnya 1.1.1, tapi itu 1.1 harusnya level 1 proses 1
    soalnya dari dosen kek gitu

    ReplyDelete

Post a Comment